Jumat, 13 Agustus 2010

Gitar Tercanggih


Gibson Guitar Corporation memang dikenal sebagai rajanya pembuat gitar. Perusahaan yang berbasis di Nashville, Tennessee, AS, ini sudah memproduksi gitar sejak 1902 dan mendominasi pasar gitar dunia selama hampir satu abad. Salah satu ujung tombaknya, yang tak lain, Gibson Les Paul yang sejak 1952 demikian legendaris. Nah, jika dulu nama Les Paul yang dijadikan andalan, sekarang merek yang sudah terkenal itu masih perlu dijejali dengan fitur teknologi robotik. Maka, dengan menggandeng Tronical penyedia sistem teknologi asal Jerman, lahirlah Gibson Robot Guitar, gitar robot listrik pertama di dunia.
Keunggulan gitar robot keluaran Gibson ini adalah teknologi powertune system dan self tuning yang memberinya kemampuan untuk menyetel dawai gitar secara otomatis. Gitar robot ini dapat mendeteksi kesalahan nada sebuah dawai gitar secara otomatis dan langsung mengubah setelan senar tersebut ke pitch nada yang benar. Alat diciptakan agar mampu menyimpan enam macam jenis tuning gitar favorit gitarisnya.
Untuk menyetel dawai gitar, Anda cukup memasang dawai pada bridge dan pegheads, selanjutnya dengan menekan dan memutar tombol yang telah disediakan, maka pegheads akan berputar sendiri sampai dawai berada pada posisi standar. Waktunya tak lama, cukup dua detik. Tidak hanya itu, Anda juga bahkan dapat mengubahnya menjadi tuning A, drop D, open G, E flat, dan double drop D dalam waktu singkat.
Gitar yang diliris dalam jumlah terbatas ini tersedia dalam 2 versi, Gibson Les Paul dan Gibson SG. Ide cemerlang ini akan sangat berguna bila pemain gitar adalah musisi yang sering mengubah-ubah tuning gitar dalam live show. Dalam penjelasannya, Gibson mengatakan, teknologi self-tuning guitar miliknya merupakan hasil penelitian yang sudah mereka lakukan selama 10 tahun. Teknologi tersebut diyakini bakal mengubah dunia teknologi gitar sejak saat ini.
Penemunya, Chris Adams dari Tronical Gmbh, menggambarkan temuannya sebagai “Mercedesnya Gitar”. Ia mengakui, temuannya itu terinspirasi setelah frustrasi karena berulang-ulang melakukan manual tuning pada gitarnya. Harga gitar pintar itu dibanderol 2.900 dolar AS (Rp. 26.9 juta) untuk pasar inggris.
http://pesong.wordpress.com/2008/11/03/gitar-bisa-menyetem-sendiri/

0 komentar:

Posting Komentar